Buku Guru Bahasa Inggris Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017


Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada Abad 21 telah memosisikan bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa utama dalam komunikasi antarbangsa dan pergaulan dunia. Kurikulum 2013 yang dirancang untuk menyongsong model pembelajaran Abad 21 menyadari peran penting bahasa Inggris untuk menyampaikan gagasan melebihi batas negara Indonesia serta untuk menyerap gagasan dari luar yang dapat dimanfaatkan untuk kemaslahatan bangsa dan negara.Untuk tujuan tersebut, telah dikembangkan Buku Guru Bahasa Inggris Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017


Sejalan dengan hal tersebut di atas, Buku Guru Bahasa Inggris Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 bertujuan untuk memberikan petunjuk umum maupun petunjuk khusus kepada guru tentang cara menggunakan Buku Siswa semaksimal mungkin dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas. Hal penting yang perlu diketahui oleh guru adalah bahwa Buku Siswa dikembangkan dalam rangka membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan berkomunikasi siswa melalui pengalaman pembelajaran yang berbentuk beragam kegiatan berkomunikasi aktif, baik melalui kegiatan berbahasa Inggris yang bersifat reseptif maupun produktif.

Hanya dengan terlibat aktif dalam kegiatan berkomunikasi, siswa dapat membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan berkomunikasi. Buku Guru Bahasa Inggris Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017 diharapkan mampu merealisasikan implementasi Kurikulum 2013 di dalam kelas bahasa Inggris karena prosedur dan instruksi yang dikembangkan telah diupayakan agar dapat membantu siswa mencapai empat keterampilan berbahasa.

Mengingat bahwa penyajian isi dan pengalaman belajar dalam Buku Siswa merujuk pada pendekatan pembelajaran bahasa berbasis teks, baik lisan maupun tulis, maka guru bertugas memfasilitasi siswa agar dapat memahami fungsi sosial, struktur teks, dan fitur kebahasaan berbagai teks seperti yang diamanahkan oleh Standar Isi dalam Kurikulum 2013. Guru perlu membimbing siswa agar mampu mengungkapkan gagasan, baik secara lisan maupun tulis, dengan mengikuti kaidah dan langkah retorika yang sesuai. Aktivitas belajar pada setiap bab pada umumnya disusun dengan mengikuti tahapan yang sesuai dengan prinsip dasar belajar bahasa asing, yaitu tahap penyajian atau pemodelan (presentation), tahap perlatihan (practice), dan tahap penggunaan (production).

Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis teks, guru dapat menuntun siswa mengeksplorasi beragam teks dalam Buku Guru Bahasa Inggris Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017, yang disesuaikan dengan amanat kompetensi dasar dalam Kurikulum 2013 untuk Kelas X, yang meliputi teks fungsional pendek; esei berbentuk recount, narrative, dan descriptive; serta teks berbentuk percakapan (interactional texts) yang mencerminkan berbagai tindak tutur.

Beragam teks tersebut disajikan melalui tema-tema yang berkaitan dengan fenomena alam dan sosial di Indonesia, yang dimaksudkan untuk mengembangkan karakter penting seperti kecintaan pada alam Indonesia dan sikap menjaganya, serta mengembangkan karakter mengasihi sesama sebagai dasar terbentuknya perilaku sosial yang positif. Namun, untuk menambah wawasan pengetahuan siswa, beberapa teks juga mengambil tema yang lebih global.

Untuk mendapatkan buku ini klik Disini.

Belum ada Komentar untuk "Buku Guru Bahasa Inggris Kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel