Analisis SKL KI KD. Kunci Sukses Mengajar dan Menjadi Guru Profesional.

bahasainggris.guruindonesia.id
Analisis SKL KI KD. Kunci Sukses Mengajar dan Menjadi Guru Profesional.

Assalamualaikum. Wr. Wb.

Salam Sejahtera bagi seluruh rekan - rekan Sahabat K13, apa kabar hari ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan selalu diberikan kesuksesan dalam menjalankan aktifitas hari ini, juga selalu semangat dalam menuntut ilmu pengetahuan demi bekal masa depan kita dan siswa/siswi kita semua. Aamiin..

Kali ini admin akan sedikit membahas mengenai Analisis SKL KI KD, sebagaiman akita ketahui sebagai seorang pendidik kita wajib tau tentang Analisis SKL KI KD. Nyok kita bahas..

Analisis SKL KI KD itu apa sich? Kenapa harus Analisis SKL KI KD? Bagaimana cara melakukan Analisis SKL KI KD pada kurikulum 2013 revisi 2017? Pertanyaan – pertanyaan terkait Analisis SKL KI KD itu mungkin menggelayuti banyak pendidik yang telah mengikuti Bimbinga Teknis Implementasi Kurikulum 2013 revisi 2017.


Analisis SKL KI KD seperti yang ditunjukan pada gambar pertama dan gambar kedua bisa jadi menimbulkan pertanyaan tuk kita. 

1. Mengapa ada 2 bagian Analisis SKL KI KD? 
2. Pada gambar 1, Analisi SKL KI KD apa yang kita lakukan? 
3. Analisis SKL KI KD apa yang kita lakukan pada gambar ke 2? 
4. Mengapa pada gambar Analisis SKLK KI KD ke 2 beberapa kata dituliskan dengan warna? Apa maksudnya? 
5. Pada gambar Analisis SKL KI KD ke 2 terdapat kode – kode C2, P1, P2 apa maksudnya? 
6. Apa yang dimaksud dengan dimensi kognitif? 
7. Apa yang dimaksud dengan bentuk dimensi pengetahuan konseptual? 
8. Mengapa memahami dinyatakan sesuai dengan pengetahuan konseptual? 
9. Apa dasar kita menyetarakan C2 dengan P1? 
10. Apa yang harus dilakukan jika terjadi KESETARAAN atau KETIDAKSETARAAN? 
11. Semua inikah yang dimaksud Analisis SKL KI KD? 

Mungkin pertanyaan – pertanyaan ini sudah terjawab tetapi tutup kemungkinan masih banyak yang belum terjawab. Pada kesempatan ini saya coba tuangkan bahan diskusi Analisis SKL KI KD. 

Pengertian Analisis SKL KI KD 

Analisis SKL KI KD wajib dipahami oleh setiap guru atau pendidik, Analisis SKL KI KD adalah kegiatan menguraikan keterkaitan SKL KI KD atas berbagai bagiannya, menelaah bagian itu sendiri serta hubungan antar bagian untuk memperoleh berbagai informasi pedagogis yang berguna untuk membuat perencanaan pembelajaran yang benar. 

Analisis SKL KI KD menjabarkan komponen Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Kompetensi Dasar (KD), baik KD Pengetahuan ataupun KD Keterampilan. Selain aktifitas menjabarkan menjadi bagian – bagian yang lebih kecil, Analisis SKL KI KD juga menjelaskan hubungan keterkaitan antar komponen yang di analisis. 

Jelas kiranya silabus dan RPP adalah dokumen yang dibuat dari Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI KD), dan KI KD sendiri dibuat dari SKL (Standar Kompetensi Lulusan ). Agar silabus dan RPP Mapel yang dikembangkan benar – benar akurat mengeksekusi keinginan SKL tersebut. Maka perlu ada jaminan linieritas KD terhadap SKL nya. Analisis SKL KI KD inilah penjamin Linieritas silabus dan RPP mata pelajaran terhadap SKL. 

Tujuan Analisis SKL KI KD

Analisis SKL KI KD sebagai titik awal rencana pembelajaran tentu memiliki maksud dan tujuan. Analisis tersebut menjadi titik awal PPK (Penguatan Pendidikan Karakter). Kita perlu memahami kerangka berpikir terkait analisis skl ki kd ini agar pembelajaran yang kita sajikan berjalan sesuai skema besar pencapaian Standar Kompetensi Kelulusan Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 diterapkan bukan sekedar update pengetahuan dan keterampilan saja. Kurikulum 2013 diterapkan untuk menyiapkan siswa agar memiliki kompetensi baik sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan agar nantinya mampu unggul dalam persaingan global abad 21 ini. Keunggulan in ditunjang dengan pengembangan keterampilan abad 21 seperti 4C ( critical thinking, creative thinking, Collaborating dan communicating). Keunggulan – keunggulan tersebut sudah dicanangkan dan dirumuskan dalam SKL (Standar Kompetensi Lulusan). 

Pada ranah oprasional pembentukan Kompetensi Kelulusan dilakukan melalui pembelajaran yang dilakukan oleh guru di seluruh mata pelajaran. Dalam konteks ini, materi pembelajaran dan proses pembelajaran menjadi instrumen penting menuju tercapainya Standar Kompetensi Lulusan jyang dicita – citakan. Materi yang tidak linier dengan SKL yang diinginkan jelas menjadi penyebab tidak tercapainya kompetensi yang diinginkan. Demikian juga dengan proses pembelajaran. Terbentuknya kompetensi lulusan pada siswa tergantung juga dengan proses pembentukan kompetensi yang dilakukan pada proses pembelajaran. Proses pembelajaran dapat berjalan optimal jika guru memahami KD (Kompetensi Dasar)dan menerapkan Kompetensi Pedagogik nya agar kompetensi dasar yang dirumuskan dalam kalimat –kalimat dapat diwujudkan pada diri siswa atau peserta didik. 

Analisis SKL KI KD inilah wujud langkah guru meluruskan dan melinierkan perencanaan proses pembelajaran untuk pencapaian Standar Kompetensi Lulusan yang diinginkan. 

Cara Analisis SKL KI KD

1. Menentukan tingkat dimensi kognitif dan bentuk pengetahuan dari kompetensi Dasar Pengetahuan (Analisi KD 3).

2. Menentukan rekomendasi kesesuaian tingkat dimensi kognitif dan bentuk pengetahuan dari Kompetensi Dasar 

3. Menentukan tingkat taksonomi dan bentuk taksonomi dari Kompetensi Dasar Keterampilan (Analisi KD 4)

4. Menentukan Kesetaraan taksonomi KD Pengetahuan dan taksonomi KD Keterampilan dan  rekomendasinya

Hasil Analisis SKL KI KD

Analisis SKL KI KD memberikan kita informasi penting terkait Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Hasil Analisis SKL KI KD penting ini antara lain:

1. KD yang sudah dilinierisasi atau disesuaikan sehingga KD Pengetahuan KD Keterampilan cocok berpasangan. Ini kita sudah mantap pada titik tolak yang benar untuk menjabarkan pasangan Kd kedalam indikator Pencapaian Kompetensi.

2. Seiringan dengan itu ditemukan pula tingkat dimensi kognitif, apakah berada pada C1 (mengingat), C2 (memahami), C3 (menerapkan), C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), C6 (Mengkreasi). Hal ini memastikan kita mencari dan menggunakan Kata Kerja Oprasional (KKO) yang tepat untuk digunakan dalam indikator pencapaian kompetensi dan tujuan pembelajaran.

3. Analisis SKL KI KD menemukan bentuk pengetahuan faktual, konseptual, prosedural ataupun metakognitif dan jenis keterampilan kongkrit maupun abstrak dan dengan itu memudahkan kita memilih model pembelajaran yang tepat untuk digunakan.

4. Pada tahap ini pula dapat kita bayangkan perolehan hasil belajar, apakah pada LOTS (Low Order Thinking Skills) atau sudah berada HOTS (Higher Order Thinking Skills).

Yupz.. Itu sedikit pembahasan tentang Analisis SKL KI KD, berikut juga admin kasih contoh Analisis SKL KI KD mata pelajaran Bahasa Inggris Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017. Semoga bermanfaat tuk semua rekan - rekan Sahabat K13, dan ingat kata pa' Ustadz "Sampaikanlah Walaupun 1 Ayat, silahkan dishare.. Terima kasih.. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Belum ada Komentar untuk "Analisis SKL KI KD. Kunci Sukses Mengajar dan Menjadi Guru Profesional."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel