KENAPA SICH BELAJAR BAHASA INGGRIS ITU SUSAH?

bahasainggris.guruindonesia.id
6 ALASAN SUSAH BELAJAR BAHASA INGGRIS


Assalamualaikum. Wr. Wb. 

Salam sejahtera Sahabat K13, apakabar hari ini? Semoga selalu semangat dalam menuntut ilmu pengetahuan untuk perkembangan pengetahuan kita dan bisa kita bagikan kepada anak didik kita masing – masing. Kali ini admin akan menjabarkan beberapa alasan kenapa orang sulit belajar bahasa inggris. 

English Is world language, yupz bener banget.. Bahasa inggris bisa dibilang sudah tidak hanya bahasa internasional tap juga bahasa dunia, dibelahan dunia manapun atau dinegara manapun bahasa inggris digunakan sebagai bahasa pengantar percakapan. Tidak heran jika dalam dunia pendidikan, kita belajar bahasa inggris sejak usia dini. Dulu biasanya ketika masih Sekolah dasar, kini dari jenjang PAUD/TK sudah diajarkan bahasa inggris. 

Walaupun kita mulai belajar Bahasa inggris sejak usia dini ataupun Sekolah Dasar tapi tetap saja banyak siswa bahkan teman – teman admin sesama Guru yang belum bisa berbahasa inggris hingga menjadi membenci bahasa inggris karena tidak bisa. Padahal kalau dihitung – hitung kita sudah belajar bahasa inggris lebih dari 9 tahun tapi apa hasil yang didapat?? Padahal sudah ikut kelas – kelas privat bahasa inggris tapi hasil nya masih kurang memuaskan. 

Kira – kira apa ya penyebab kita sangat sulit bisa bahasa inggris? Apakah karena sistem pendidikan yang slah atau kita saja yang belum mampu?? Menurut saya, keduanya bisa menjadi penyebabnya. Berikut saya jabarkan alasannya kenapa sulit belajar bahasa inggris. 

1. Cara Belajar Yang Salah 

Selama ini kita belajar bahasa inggris dimulai dengan cara yang salah, kenapa? Karena kita mulai belajar/diajarkan bahasa inggris dari Reading (membaca) >> Writing (menulis) >> Speaking (berbicara) >> Listening (mendengarkan). Itu merupakan tahap yang salah, jika kita belajar bahsa inggris dari tahap Reading dan diakhiri tahap Listening, maka kita hanya bisa membaca sebuah teks berbahasa inggris walaupun kita mengerti apa yang kita baca, tapi ketika dala kasus Visual atau aktive english, seperti Listening dan Speaking kita akan kesulitan. 

Berbeda ketika kita belajar bahasa Indonesia, kita sudah bisa berbicara tapi belum bisa menulis dan membaca karena bahasa Indonesia adalah bahsa dasar kita (mother tounge), maka tidak salah jika kita belajar bahasa indonesia dimulai dengan Membaca >> Menulis >> Berbicara >> Mendengarkan. Tapi dalam belajar bahasa inggris kasusnya berbeda, kita belajar bahasa inggris dari NOL, terus apa tahap yang tepat? Tahap yang pas adalah dimulai dari Listening >> Speaking >> Reading >> Writing. Coba perhatikan Balita, apakah kita belajar berbicara/berbahasa langsung diajatkan membaca dan menulis oleh orang tuanya? Pasti diajarkan mendengarkan ucapa orang tuanya lalu disuruh mengulanginya sampai bisa. 

2. Kurangnya Kemauan dalam Belajar 

Inilah sulitnya jika belajar diusia dewasa, belajar apapun sama apalagi belajar hal baru. Dimana bahasa inggris masih sebagai bahasa asing di Negara kita, sedangkan di negara lain sudah menjadi bahasa kedua bahkan menjadi bahasa negaranya masing – masing. Sekeras apapun kita diajarkan bahasa inggris tapi kalau tidak ada kemauan ya percuma, dimana ada kemauan akan ada jalan. 

3. Kurangnya Waktu Belajar 

Banyak siswa hanya belajar sesuatu ketika waktu disekolah saja, tidak Cuma pelajaran bahasa inggris saja tapi juga pelajaran lain. Padahal belajar apapun memerlukan banyak waktu. Semakin sering kita mengulas kembali suatu pelajaran maka akan semakin pandai dan semakin menguasai. 

4. Terlalu Fokus Belajar Sendiri 

Dalam mempelajari sesuatu mungkin banyak yang ingin belajar sendiri/secara otodidiak, tetapi berbeda halnya dengan belajar bahasa. Kita memerlukan orang lain sebagai media untuk mengasah kemampuan berbahasa inggris secara visual (Speaking dan Listening). Boleh belajar sendiri, tapi jangan terlalu sendiri. Jones banget Bro/Sist..

5. Belajar hanya Lewat Teks 

Belajar bahasa inggris hanya lewat teks tulisan tidak akan membuat kita bisa berbicara bahasa inggris, walaupun bisa nanti lambat laun anda akan dengan mudah melupakannya. Karena belajar hanya lewat teks tanpa anda visualkan (praktek) maka apa yang kita pelajari akan disimpan sementara dalam otak. Belajar bahasa inggris bisa dengan berbagai cara, dengan Menonton film berbahasa inggris. Juga dengan mendengarkan music berbahasa inggris. Dijaman milenial ini, musik merupakan sebuah media yang luar biasa dalam menyebarkan banyak hal. Dari hal positif hingga hal negatif, kita ambil hal positifnya untuk belajar bahasa inggris. 

6. Selalu Menghapal 

Seperti pada kasus no 5, jika kita terlalu banyak membaca lewat teks tulisan maka kita harus menghapal kan? Ini salah, mengapa? Sekarang saya tanyakan, pernahkah anda mengingat materi sekolah/kuliah yang anda hapalkan selama 1 bulan saja? Pasti banyak yang lupa atau hanya ingat sebagian saja, bahkan tidak ingat sama sekali. 

Terus bagaimana dong? Ya jangan dihapal donk, tapi dipahami. Ingat tidak, ketika anda belajar berbicara bahasa indonesia saat masih kecil. Pakah anda disuruh menghapal kata perkata oleh orang tua anda? Tentu saja tidak. Anda disuruh memahaminya, jika anda fokus memahami otomatis kita akan ingat biasanya akan lama kita mengingatnya. 

Ingat metode hapalan hanya membuat anda bisa sementara!! 

Jadi sebaiknya ubahlah cara belajar anda jika ingin belajar bahasa inggris dengan cara yang benar. Agar kita tidak belajar sia – sia tanpa hasil yang optimal 

Baik rekan – rekan Sahabat K13, itu adalah alasan kenapa kita dan siswa banyak yang mengalami kesulitan dalam belajar bahasa inggris. Mudah – mudahan artikel ini dapat berguna, saat kita sudah tau lasannya. Maka kita kan tau solusinya.. ingat pesan pa’ ustadz, sampaikan lah walaupun satu ayat, jadi jangan lupa untuk dishare untuk menjadi ladang amal kita. Terima kasih.. Wassalamualaikum. Wr. Wb.

Belum ada Komentar untuk "KENAPA SICH BELAJAR BAHASA INGGRIS ITU SUSAH?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel