Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Inggris Kelas X SMA/MA K13 Revisi 2017

bahasainggris.guruindonesia.id
RPP BAB 14 MATERI NARRATIVE TEXT


Assalamualaikum. Wr. Wb.

Salam sejahtera rekan - rekan Sahabat K13, apa kabar hari ini? Semoga selalu tetap semangat dalam mencari/menggali pengetahuan. Kali ini saya akan mengulas contoh Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Inggris Kelas X SMA/MA Bab 14.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMA N/S
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris (Wajib)
Kelas /Semester          : X / Genap
Tahun Pelajaran         : 2017/2018
Materi Pokok              : Strong Wind
Alokasi Waktu             :4JP (2Pertemuan)

A.     Kompetensi Inti
No
Kompetensi Inti
1
Menghayati dan mengamalkan ajaran yang dianutnya
2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektifdengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3
Memahami, menerapkan, menganalisa, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah kongkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
No
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1
3.8  Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat, sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya


3.8.1.         Mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat, sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
3.8.2.         Menyebutkan struktur teks dan unsur kebahasaan teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat, sederhana
3.8.3.         Membedakan struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat, sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.

2
4.8  Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis sederhana terkait legenda rakyat

4.8.1          Mencermatiteks naratifterkait legenda rakyat, sederhana
4.8.2          Membuatteks naratif terkait legenda rakyat, sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
4.8.3          Mendemonstrasikan teks naratif terkait legenda rakyat, sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

C.     Tujuan pembelajaran
Setelah mempelajari Bab ini, siswa diharapkan mampu:
1.    Menjelaskan tujuan komunikasi, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks naratif lisan dan tulis sederhana tentang legenda rakyat sesuai konteks penggunaannya.
2.    Menjelaskan isi cerita legenda rakyat lisan dan tulis dengan memperhatikan tujuan komunikasi, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif sesuai konteks penggunaannya . 
3.    Menceritakan legenda rakyat secara lisan dan tertulis dengan memperhatikan tujuan komunikasi, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif sesuai konteks penggunaannya.
Dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, disiplin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, santun, percaya diri, pantang menyerah, memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomunikasi dan bekerjasama dengan baik

D.     Materi Pembelajaran
Teks lisan dan tulis mengenai Cerita legendayang dapat menumbuhkan perilaku
·         Fungsi Sosial
-       Mendapat hiburan, menghibur, mengajarkan nilai-nilai luhur, mengambil teladan
·         Struktur Teks
-       Dapat mencakup:
-       Orientasi
-       Komplikasi
-       Resolusi
-       Orientasi ulang
·         Unsur Kebahasaan
-       Kalimat-kalimat dalamsimple past tense, past continuous, dan lainnya yang relevan
-       Kosa kata: terkait  karakter, watak, dan setting dalam legenda
-       Adverbia penghubung dan penujuk waktu
-       Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan

E.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                  : Scientific
2.      Model Pembelajaran    : Discovery Learning
3.      Metode                         : ATM ( Amati, Tiru, Modifikasi ), Diskusi, Tanya Jawab,  Penugasan

F.      Media Alat dan Bahan Pembelajaran
1.      Slide presentasi (slide power point)
2.      Worksheet atau lembar kerja (siswa)
3.      Penggaris, spidol, papan tulis
4.      Laptop & infocus
5.      Perpustakaan  sekolah

G.    SumberBelajar:
1.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran bahasa inggris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku siswa Mata Pelajaran bahasa inggris. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
3.      Kamus Besar bahasa Indonesia - Inggris
4.      Internet
5.      Buku teks pelajaran yang relevan

H.    Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø  Unsur kebahasaan teks kejadian di waktu lampau
Ø  Ketepatan unsur kebahasaan: Adverbial dengan since, ago, now; klause dan adveribial penunjuk waktu
Ø  Memahami perbedaan pengggunaan Simple Past Tense dengan Present Perfect Tense
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
v  Memulai kegiatan pembelajaran dengan bermain game
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Fungsi sosial Kelengkapan dan keruntutan struktur teks naratif berjudulStrong Wind
Ø  Memahami organisasi struktur teks berupa orientasi, komplikasi, dan resolusi pada teks naratif berjudul Strong Wind
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar (4 kelompok)
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Ø Fungsi sosial Kelengkapan dan keruntutan struktur teks naratif berjudul Strong Wind
Ø Memahami organisasi struktur teks berupa orientasi, komplikasi, dan resolusi pada teks naratif berjudul Strong Wind
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini

v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
Ø  Vocabulary builder
bahasainggris.guruindonesia.id

Ø  Pronunciation prac tice
sarpen.id/erik

v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Ø Taks 1
Ø Vocabulary builder
Ø Pronunciation prac TICE
v  Mendengar
Pemaparan teks naratifberjudulStrong Winddengan memperhatikan fungsi social dan struktur teks, , maupun format penyampaian/penulisannya
v  Menyimak,
Ø  mencoba menirukan pengucapannya dan  menuliskan pemaparan teks naratif berjudulStrong Windyang digunakan
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
Ø  Teks naratif berjudulStrong Wind
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang:
Ø  Teks naratif berjudulStrong Wind
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Ø   
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Membaca sumber lain selain buku teks, diantaranta
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang pemaparan teks naratif berjudulStrong Wind
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait
Ø  Fungsi sosial Kelengkapan dan keruntutan struktur teks naratif berjudul Strong Wind
Ø  Memahami organisasi struktur teks berupa orientasi, komplikasi, dan resolusi pada teks naratif berjudul Strong Wind
v  Aktivitas
Ø  Peserta didik diminta menjodohkan kosakata berbahasa Inggris dengan artikatanya dalam bahasa Indonesia
Ø  Peserta didik diminta  mengerjakan Comprehension Questions
Ø  Peserta didik diminta mengidentifikasi tujuan dan detil struktur bacaan yang sudah dibaca dengan cara melengkapi tabel yang tersedia
v  Saling tukar informasi tentang  :
Ø  Fungsi sosial Kelengkapan dan keruntutan struktur teks naratif berjudul Strong Wind
Ø  Memahami organisasi struktur teks berupa orientasi, komplikasi, dan resolusi pada teks naratif berjudul Strong Wind
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  Teks naratif berjudulStrong Wind
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Fungsi sosial Kelengkapan dan keruntutan struktur teks naratif berjudul Malin Kundang
Ø  Memahami organisasi struktur teks berupa orientasi, komplikasi, dan resolusi pada teks naratif berjudul Malin Kundang
60
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
10
menit

2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Ø  Fungsi sosial Kelengkapan dan keruntutan struktur teks naratif berjudul Strong Wind
Ø  Memahami organisasi struktur teks berupa orientasi, komplikasi, dan resolusi pada teks naratif berjudul Strong Wind
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
v  Memulai kegiatan pembelajaran denganbertanyajawab tentang pengetahuan siswaterhadap pengumuman
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø  Unsur kebahasaan teks naratif berjudul Strong Wind
Ø  Ketepatan unsur kebahasaan: kosa kata terkait  karakter, watak, dan setting dalam legenda
Ø  Memahami persamaan ciri antar kalimat dan menjelaskan pola kalimat Past Perfect Tense.
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
10
menit
Kegiatan Inti
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Ø  Unsur kebahasaan teks naratif berjudul Strong Wind
Ø  Ketepatan unsur kebahasaan: kosa kata terkait  karakter, watak, dan setting dalam legenda
Ø  Memahami persamaan ciri antar kalimat dan menjelaskan pola kalimat Past Perfect Tense
dengan cara :
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
Ø  Vocabulary builder


v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Ø  Unsur kebahasaan teks naratif  berjudul Strong Wind
Ø  Ketepatan unsur kebahasaan: kosa kata terkait  karakter, watak, dan setting dalam legenda
Ø  Memahami persamaan ciri antar kalimat dan menjelaskan pola kalimat Past Perfect Tense
v  Mendengar
Peserta didik mendengarkan beberapa contoh Teks naratif
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
Ø  Unsur kebahasaan teks naratif  berjudul Strong Wind
Ø  Ketepatan unsur kebahasaan: kosa kata terkait  karakter, watak, dan setting dalam legenda
Ø  Memahami persamaan ciri antar kalimat dan menjelaskan pola kalimat Past Perfect Tense
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang:
Ø  Unsur kebahasaan teks naratif  berjudul Strong Wind
Ø  Ketepatan unsur kebahasaan: kosa kata terkait  karakter, watak, dan setting dalam legenda
Ø  Memahami persamaan ciri antar kalimat dan menjelaskan pola kalimat Past Perfect Tense
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Ø  Have you been able to understand the structure of a story?
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Membaca sumber lain selain buku teks, diantaranta
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
Ø  Unsur kebahasaan teks naratif  berjudul Strong Wind
Ø  Ketepatan unsur kebahasaan: kosa kata terkait  karakter, watak, dan setting dalam legenda
Ø  Memahami persamaan ciri antar kalimat dan menjelaskan pola kalimat Past Perfect Tense.
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusimasalah terkait
Ø  Unsur kebahasaan teks naratif  berjudul Strong Wind
Ø  Ketepatan unsur kebahasaan: kosa kata terkait  karakter, watak, dan setting dalam legenda
Ø  Memahami persamaan ciri antar kalimat dan menjelaskan pola kalimat Past Perfect Tense.
v  Aktivitas
Ø  Peserta didik diminta menuliskan script cerita dalam cerita Strong Wind
v  Mendiskusikan
Peserta didik diminta untuk melaksanakan Task 1 berupa kerja berpasangan untuk: mendiskusikan kejadian penting dalam cerita
v  Saling tukar informasi tentang  :
Ø  Unsur kebahasaan teks naratif  berjudul Strong Wind
Ø  Ketepatan unsur kebahasaan: kosa kata terkait  karakter, watak, dan setting dalam legenda
Ø  Memahami persamaan ciri antar kalimat dan menjelaskan pola kalimat Past Perfect Tense.
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø  Unsur kebahasaan teks naratif  berjudul Strong Wind
Ø  Ketepatan unsur kebahasaan: kosa kata terkait  karakter, watak, dan setting dalam legenda
Ø  Memahami persamaan ciri antar kalimat dan menjelaskan pola kalimat Past Perfect Tense.
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø  Unsur kebahasaan teks naratif  berjudul Strong Wind
Ø  Ketepatan unsur kebahasaan: kosa kata terkait  karakter, watak, dan setting dalam legenda
Ø  Memahami persamaan ciri antar kalimat dan menjelaskan pola kalimat Past Perfect Tense.
v  pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø  Unsur kebahasaan teks naratif  berjudul Strong Wind
Ø  Ketepatan unsur kebahasaan: kosa kata terkait  karakter, watak, dan setting dalam legenda
Ø  Memahami persamaan ciri antar kalimat dan menjelaskan pola kalimat Past Perfect Tense.
60
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
10
menit

I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.      Teknik Penilaian
a.       Sikap (Spiritualdan Sosial)
1)    Observasi (jurnal)
2)    Penilaian diri
3)    Penilaian antarteman
b.      Pengetahuan
1)   Ter tertulis
c.       Keterampilan
1)  Kinerja
2.      Instrumen Penilaian
Ø  Terlampir
3.      PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a.      Remedial
v  Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v  Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
ª  Fungsi social tentang teks naratif
b.      Pengayaan
v  Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v  Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v  Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
ª  Memahami unsur kebahasaan kalimat-kalimat dalamsimple past tense, past continuous


                                                                                                   ……………, 17 Juli 2017

Mengetahui
Kepala SMA N/S                                                 Guru Mata Pelajaran




……………………………………                       …………………………………….
NIP/NRK.                                                            NIP/NRK.


Yupz, rekan - rekan sahabat K13.. diatas contoh perangkat pembelajaran mapel bahasa inggris kelas  X SMA/MA kurikulum 2013 Revisi 2017, berikut saya juga tambahkan bahan ajarnya.. biar lebih wow saat ngajarnya.. mantabzz.. terima kasih sudah membaca sampai selesai, jangan lupa apa kata pa' ustadz.. "sampaikan lah ilmu walaupun satu ayat".. jadi jangan lupa dishare ya.. 

Belum ada Komentar untuk "Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Inggris Kelas X SMA/MA K13 Revisi 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel