Explanation Text (Pengertian, Tujuan, Generic Structure, Contoh dan Pembahasaan)

bahasainggris.guruindonesia.id
Explanation Text (Materi Bahasa Inggris Kelas XII SMA/MA Semester Genap)


Assalamualaikum. Wr. Wb.

Salam Sejahtera tuk seluruh Rekan Pendidikan Sahabat k13, apa kabar hari ini? Semoga selalu diberikan kesehatan dan kesuksesan dalam menjalankan aktivitas hari ini, dan selalu semangat dalam menuntut ilmu pengetahuan sebagai bekal kita dalam kegiatan pembaelajaran dikelas bagi siswa-siswi kita semua.

Kali ini kita akan membahas sedikit tentang Explanation Text, materi Bahasa Inggris kelas XII semester genap. Seperti sebelumnya kita akan membahas tentang pengertian, tujuan, generic structure juga contoh dan pembahasan dari Explanation Tex. Kuy kita mulai..


A. Pengertian Explanation Text 


Sebelum mulai membahas tentang generic structure dan ciri-ciri explanation text dan contohnya, saya akan mulai dulu dengan definisi dari explanation text dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. “Explanation is a text which tells processes relating to forming of natural, social, scientific and cultural phenomena”. Explanation adalah sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya dan lainnya. Dengan begitu, dapat kita ketahui bahwa explanation text berfungsi untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang suatu proses tersebut.


B. Tujuan Explanation Text 


To explain the processes involved in the formation or working of natural or socio-cultural phenomena.
Tujuan komunikatif dari explanation text adalah untuk menerangkan proses-proses yang terjadi dalam pembentukan sesuatu yang terkait dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya yang bertujuan menjelaskan bagaimana atau mengapa hal tersebut bisa terjadi.


C. Generic Structure Explanation Text 


1. General statement
tentang penjelasan umum tentang fenomena yang akan dibahas, bisa berupa pengenalan fenomena tersebut atau penjelasannya.

2. Squenced of explanation
berisi tentang penjelasan proses mengapa fenomena tersebut bisa terjadi atau tercipta. A squenced of explanation berupa jawaban dari pertanyaan ‘why’ dan ‘how’ penulis ketika membuat sebuah Explanation text. Dalam squenced of explanation bisa terdiri lebih dari satu paragrap.

3. Closing
Sebenarnya closing itu tidak tercantum dalam generic structure dari Explanation text, tetapi kebanyakan orang beranggapan bahwa paragrap terakhir dari sebuah Explanation text adalah closing, padahal itu merupakan bagian dari squenced of explantaion yang berisi tentang langkah akhir yang dijelaskan pada bagian squenced of explanation.

D. Ciri-ciri Explanation Text 

Terdapat beberapa ciri-ciri dari teks ini, yaitu:

1. Menggunakan Simple Present Tense
Teks ini menggunakan Simple Present Tense karena teks ini menjelaskan mengenai fakta.
2. Menggunakan Action Verbs. Action Verbs adalah kata kerja yang digunakan untuk menjelakan aksi yang berlangsung. Contohnya adalah do, make, create, dan lain sebagainya.
3. Menggunakan Passive Voices. Penggunaan Passive voice ini bertujuan untuk menekankan fokus pada kejadian yang berlangsung daripada subjeknya. 
4. Menggunakan Noun Phrases 
5. Menggunakan Technical Terms. Technical terms ini merujuk pada istilah-istilah teknis yang berkaitan dengan topik yang dibahas pada teks ini. 
6. Berisi penjelasan mengenai proses

E. Contoh Explanation Text dan Penjelasannya 

bahasainggris.guruindonesia.id
How Earthquakes Happen 

Earthquake is one of the most destroying natural disasters. Unluckily it often happens in several regions. Recently a horrible earthquake has shaken West Sumatra. It has brought great damages. Why did it occur? Do you know how an earthquake happens? 

Earthquakes are usually caused when rock underground suddenly breaks along a fault. This sudden release of energy causes the seismic waves. It make the ground shake. When two blocks of rock or two plates are rubbing against each other, they stick a little. They don’t just slide smoothly. The rocks are still pushing against each other, but not moving. After a while, the rocks break because of all the pressure that’s built up. When the rocks break, the earthquake occurs. 

During the earthquake and afterward, the plates or blocks of rock start moving, and they continue to move until they get stuck again. The spot underground where the rock breaks is called the focus of the earthquake. The place right above the focus is called the epicenter of the earthquake. 

Penjelasan: 

· Paragraf Pertama adalah tentang General Statement (pernyataan umum). Melihat dari teks tersebut tentu GSnya adalah an Earthquake happening. 

· Paragraf kedua: Squenced of explanation adalah penjelasan tentang bagaimana Earthquake bisa terjadi. Gempa bumi bisa terjadi pada dasarnya adalah karena “rock underground suddenly breaks along a fault”. Penjelasan lainnya adalah tentang kronologi how rock underground breaks along a fault. 

· Paragraf ketiga: closing yang menerangkan bahwa pergeseran lempeng bumi terus terjadi dan menerangkan bahwa titik di bawah bumi dimana batu mengalami patahan (where the rock breaks) disebut sebagai Focus of the eartquake dan tempat di atas titik tersebut disebut epicenter of earthquake. 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Explanation Text, materi bahasa inggris kelas XII SMA/MA. Ingat kata pa' ustadz "Sampaikanlah Walaupun 1 Ayat", jadi jangan lupa dishare jika bermanfaat. Terima kasih sudah membaca sampai selesai, Wassalamualaikum. Wr. Wb.

1 Komentar untuk "Explanation Text (Pengertian, Tujuan, Generic Structure, Contoh dan Pembahasaan)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel