RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN) MAPEL BAHASA INGGRIS WAJIB KELAS XI TP 2019/2020

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Bahasa Inggris Wajib Kelas X Materi "Talking About Self"

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan   : SMA N/S
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris (Wajib)
Kelas /Semester        : XI/Ganjil
Materi Pokok             : Tawaran dan Saran
Tahun Pelajaran        : 2019/2020
Alokasi Waktu           : 16 JP (8 Pertemuan)


A.   Kompetensi Inti
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan Minatnya untuk memecahkan masalah
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI (IPK)
3.1     Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should, can)


3.1.1.    Mengidentifikasi struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran
3.1.2.    Menyebutkan fungsi sosial ungkapan-ungkapan terkait saran dan tawaran
3.1.3.    Membedakan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran sesuai dengan konteks penggunaanya.

4.1      Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.1.1.    Membuat teks pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan dengan metode ceramah diskusi dan Tanya jawab dan pendekatan saintifik peserta didik diharapkan dapat: Mengidentifikasi apa yang ditawarkan, Mengidentifikasi apa saran, Membedakan antara tawaran dan saran, Menjelaskan penggunaan ditawarkan, Menjelaskan penggunaan sugesti Dengan rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran, bersikap jujur, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis) dan proaktif (kreatif), serta mampu berkomukasi dan bekerjasama dengan baik.

D.   Materi Pembelajaran
1.    Fakta:
ª  Di Tunjukkan Contoh teks saran dan tawaran.
·      I think you should go and meet her.
·      May I give you a hand?
2.    Konsep
ª  Suggestion (saran) means to give a suggestion that is to introduce or propose an idea or a plan for someone’s consideration.
ª  Cara penulisan teks explanation berupa information report dengan benar sesuai konteks
3.    Prinsip
ª  Pola kalimat ungkapan yang menunjukkan saran dan tawaran, dengan modal should dan can
ª  Pola kalimat nomina singular dan plural dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb
ª  Keterangan waktu dalam present tense
ª  Tanda baca dan penulisan kata dalam menulis
4.    Prosedur
ª  Langkah atau urutan kegiatan dalam menulis teks saran dan tawaran 

E.    Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan                 : Scientific Learning
2.    Model Pembelajaran   : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
3.    Metode                        : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Penugasan

F.    Media, Alat dan bahan Pembelajaran
1.    Slide presentasi (ppt)
2.    Worksheet atau lembar kerja (siswa)
3.    Penggaris, spidol, papan tulis
4.    Laptop & infocus
5.    Perpustakaan sekolah

G.   Sumber Belajar
1.    Teks Siswa,
2.    Buku Pegangan Guru,
3.    Modul/bahan ajar,
4.    Sumber internet,
5.    Sumber lain yang relevan

H.   Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran (PPK Religius)
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin (PPK:disiplin)
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Pada kelas X
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. .(Berpikir Kritis)
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
ª  Fungsi sosial dan struktur teks memulai ungkapan memberi saran
ª  Ketepatan menggunakan struktur teks dalam ungkapan memberi saran
ª  Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam menyebutkan ungkapan memberi saran
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai ungkapan memberi saran
ª Ketepatan menggunakan struktur teks dalam ungkapan memberi saran
ª Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam menyebutkan ungkapan memberi saran
dengan cara:
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini

v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan
                          
ª Folklore (dongeng) yang terkenal diIndonesia maupun mancanegara
Mengorganisasikan peserta didik
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya:
v  Mengajukan pertanyaan tentang:
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai ungkapan memberi saran
ª Ketepatan menggunakan struktur teks dalam ungkapan memberi saran
ª Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam menyebutkan ungkapan memberi saran
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya:

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Membaca sumber lain selain buku teks, diantaranya
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang ungkapan memberi saran
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait
ungkapan memberi saran
v  Aktivitas
ª  Peserta didik diminita membuat pertanyaan-pertanyaan terkait dengan isi cerita dan menyampaikannya.
v  Mendiskusikan
ª  Peserta didik dibagi memjadi beberapa kelompok dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan berikut

v  Saling tukar informasi tentang:
ª  Fungsi sosial dan struktur teks memulai ungkapan memberi saran
ª Ketepatan menggunakan struktur teks dalam ungkapan memberi saran
ª Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam menyebutkan ungkapan memberi saran
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang:
Ungkapan memberi saran
v  Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
CREATIVITY (KREATIVITAS)
v  Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa: Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan:
Teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan ungkapan memberi saran
ª  Fungsi sosial dan struktur teks memulai ungkapan memberi saran
ª Ketepatan menggunakan struktur teks dalam ungkapan memberi saran
ª Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam menyebutkan ungkapan memberi saran
105
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit

2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran (PPK: Religius)
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin (PPK : Disiplin)
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
ª  Fungsi sosial dan struktur teks memulai ungkapan memberi saran
ª  Ketepatan menggunakan struktur teks dalam ungkapan memberi saran
ª  Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam menyebutkan ungkapan memberi saran
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis)
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
ª  Fungsi sosial dan struktur teks mengenai ungkapan merespon saran
ª  Ketepatan menggunakan struktur teks mengenai ungkapan merespon saran
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Melakukan monolog yang menyebutkan ungkapan merespon saran didepan kelas
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam ungkapan merespon saran
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
ª  Fungsi sosial dan struktur teks mengenai ungkapan merespon saran
ª  Ketepatan menggunakan struktur teks mengenai ungkapan merespon saran
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Melakukan monolog yang menyebutkan ungkapan merespon saran didepan kelas
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam ungkapan merespon saran
dengan cara:
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini




v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan

Mengorganisasikan peserta didik
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya:
v  Mengajukan pertanyaan tentang:
ª  Fungsi sosial dan struktur teks mengenai ungkapan merespon saran
ª  Ketepatan menggunakan struktur teks mengenai ungkapan merespon saran
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Melakukan monolog yang menyebutkan ungkapan merespon saran didepan kelas
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam ungkapan merespon saran
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya:
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Membaca sumber lain selain buku teks, diantaranya
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
ª  Fungsi sosial dan struktur teks mengenai ungkapan merespon saran
ª  Ketepatan menggunakan struktur teks mengenai ungkapan merespon saran
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Melakukan monolog yang menyebutkan ungkapan merespon saran didepan kelas
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam ungkapan merespon saran
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait
Ungkapan merespon saran
v  Aktivitas
ª  Peserta didik diminta menunjukan/mengucapkan pernyataan-pernyataan ungkapan memberi saran dan responnya dalam cerita Enchanted Fish
ª  Peserta didik diminta menganalisis unsur kebahasaan pada ungkapan memberi saran yang terdapat pada cerita
ª  Peserta didik diminta mengerjakan soal-soal ungkpan memberi saran dan responnya yang terdapat di buku teks
v  Saling tukar informasi tentang:
ª  Fungsi sosial dan struktur teks mengenai ungkapan merespon saran
ª  Ketepatan menggunakan struktur teks mengenai ungkapan merespon saran
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Melakukan monolog yang menyebutkan ungkapan merespon saran didepan kelas
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam ungkapan merespon saran
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang:
ª  Fungsi sosial dan struktur teks mengenai ungkapan merespon saran
ª  Ketepatan menggunakan struktur teks mengenai ungkapan merespon saran
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Melakukan monolog yang menyebutkan ungkapan merespon saran didepan kelas
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam ungkapan merespon saran
v  Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa: Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
ª  Fungsi sosial dan struktur teks mengenai ungkapan merespon saran
ª  Ketepatan menggunakan struktur teks mengenai ungkapan merespon saran
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Melakukan monolog yang menyebutkan ungkapan merespon saran didepan kelas
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam ungkapan merespon saran
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan:
ª  Fungsi sosial dan struktur teks mengenai ungkapan merespon saran
ª  Ketepatan menggunakan struktur teks mengenai ungkapan merespon saran
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Melakukan monolog yang menyebutkan ungkapan merespon saran didepan kelas
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam ungkapan merespon saran
105
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit

3. Pertemuan Ke-3 ( 2 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran (PPK Religius)
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin (PPK: Disiplin)
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
ª  Fungsi sosial dan struktur teks mengenai ungkapan merespon saran
ª  Ketepatan menggunakan struktur teks mengenai ungkapan merespon saran
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Melakukan monolog yang  menyebutkan ungkapan merespon saran didepan kelas
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam ungkapan merespon saran
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis)
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
ª  Fungsi sosial dan struktur teks memulai ungkapan memberi tawaran
ª  Ketepatan menggunakan struktur teks dalam ungkapan memberi tawaran
ª  Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam menyebutkan ungkapan memberi tawaran
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai ungkapan memberi tawaran
ª Ketepatan menggunakan struktur teks dalam ungkapan memberi tawaran
ª Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam menyebutkan ungkapan memberi tawaran
dengan cara:
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan


Mengorganisasikan peserta didik
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya:
v  Mengajukan pertanyaan tentang:
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai ungkapan memberi tawaran
ª Ketepatan menggunakan struktur teks dalam ungkapan memberi tawaran
ª Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam menyebutkan ungkapan memberi tawaran
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya:

Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Membaca sumber lain selain buku teks, diantaranya
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang ungkapan memberi tawaran
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait
ungkapan memberi tawaran
v  Aktivitas
ª  Peserta didik diminta mengucapkan kalimat ungkapan memberi tawaran kepada teman pada situasi tertentu.
ª  Peserta didik diminta membuat cerita yang terdiri dari 100 kata serta memuat kalimat-kalimat ungkapan memberi tawaran
v  Saling tukar informasi tentang:
ª  Fungsi sosial dan struktur teks memulai ungkapan memberi tawaran
ª Ketepatan menggunakan struktur teks dalam ungkapan memberi tawaran
ª Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam menyebutkan ungkapan memberi tawaran
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang:
Ungkapan memberi tawaran
v  Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa: Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan:
Teks lisan dan tulis sederhana, untuk memaparkan, menanyakan ungkapan memberi tawaran
ª Fungsi sosial dan struktur teks memulai ungkapan memberi tawaran
ª Ketepatan menggunakan struktur teks dalam ungkapan memberi tawaran
ª Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam menyebutkan ungkapan memberi tawaran
105
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit

4. Pertemuan Ke-4 ( 2 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran (PPK Religius)
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin (PPK: Disiplin)
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
ª  Fungsi sosial dan struktur teks memulai ungkapan memberi tawaran
ª  Ketepatan menggunakan struktur teks dalam ungkapan memberi tawaran
ª  Ketepatan unsur kebahasaan: tata bahasa, kosa kata, ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, dan tulisan tangan
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam menyebutkan ungkapan memberi tawaran
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis)
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
ª  Fungsi sosial dan struktur teks mengenai ungkapan merespon tawaran
ª  Ketepatan menggunakan struktur teks mengenai ungkapan merespon tawaran
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Melakukan monolog yang menyebutkan ungkapan merespon tawaran didepan kelas
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam ungkapan merespon tawaran
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
v  Pembagian kelompok belajar
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
ª  Fungsi sosial dan struktur teks mengenai ungkapan merespon tawaran
ª  Ketepatan menggunakan struktur teks mengenai ungkapan merespon tawaran
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Melakukan monolog yang menyebutkan ungkapan merespon tawaran didepan kelas
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam ungkapan merespon tawaran
dengan cara:
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini

v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan

v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
ª Fungsi sosial dan struktur teks mengenai ungkapan merespon tawaran
ª Ketepatan menggunakan struktur teks mengenai ungkapan merespon tawaran
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Melakukan monolog yang menyebutkan ungkapan merespon tawaran didepan kelas
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam ungkapan merespon tawaran
v  Mendengar
ª  Fungsi sosial dan struktur teks mengenai ungkapan merespon tawaran
ª Ketepatan menggunakan struktur teks mengenai ungkapan merespon tawaran
ª Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª Melakukan monolog yang menyebutkan ungkapan merespon tawaran didepan kelas
ª Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam ungkapan merespon tawaran
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai :
ª  Fungsi sosial dan struktur teks mengenai ungkapan merespon tawaran
ª  Ketepatan menggunakan struktur teks mengenai ungkapan merespon tawaran
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Melakukan monolog yang  menyebutkan ungkapan merespon tawaran didepan kelas
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam ungkapan merespon tawaran
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang:
ª  Fungsi sosial dan struktur teks mengenai ungkapan merespon tawaran
ª  Ketepatan menggunakan struktur teks mengenai ungkapan merespon tawaran 
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Melakukan monolog yang  menyebutkan ungkapan merespon tawaran didepan kelas
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam ungkapan merespon tawaran
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Membimbing penyelidikan individu dan kelompok
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Membaca sumber lain selain buku teks, diantaranya
mengunjungi laboratorium komputer perpustakaan sekolah untuk mencari dan membaca artikel tentang
ª  Fungsi sosial dan struktur teks mengenai ungkapan merespon tawaran
ª  Ketepatan menggunakan struktur teks mengenai ungkapan merespon tawaran
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Melakukan monolog yang  menyebutkan ungkapan merespon tawaran didepan kelas
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam ungkapan merespon tawaran
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait
Ungkapan merespon tawaran
v  Aktivitas
ª  Peserta didik diminta mempresentasikan hasil membuat poster dan postcard
ª  Peserta didik diminta menerjemahkan dongeng berbahsa Indonesia yang telah dipelajari atau dari sumber lain kedalam bahasa inggris
v  Saling tukar informasi tentang  :
ª  Fungsi sosial dan struktur teks mengenai ungkapan merespon tawaran
ª  Ketepatan menggunakan struktur teks mengenai ungkapan merespon tawaran
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Melakukan monolog yang  menyebutkan ungkapan merespon tawaran didepan kelas
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam ungkapan merespon tawaran
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
ª  Fungsi sosial dan struktur teks mengenai ungkapan merespon tawaran
ª  Ketepatan menggunakan struktur teks mengenai ungkapan merespon tawaran
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Melakukan monolog yang  menyebutkan ungkapan merespon tawaran didepan kelas
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam ungkapan merespon tawaran
ª  Hasil membuat poster dan postcard
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
ª  Fungsi sosial dan struktur teks mengenai ungkapan merespon tawaran
ª  Ketepatan menggunakan struktur teks mengenai ungkapan merespon tawaran
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Melakukan monolog yang  menyebutkan ungkapan merespon tawaran didepan kelas
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam ungkapan merespon tawaran
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
CREATIVITY (KREATIVITAS)
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
ª  Fungsi sosial dan struktur teks mengenai ungkapan merespon tawaran
ª  Ketepatan menggunakan struktur teks mengenai ungkapan merespon tawaran
ª  Kesesuaian format penulisan/ penyampaian
ª  Melakukan monolog yang  menyebutkan ungkapan merespon tawaran didepan kelas
ª  Ketepatan menggunakan unsur kebahasaan (should, can) dalam ungkapan merespon tawaran
60
menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit

I.      Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
1.    Teknik Penilaian
a.    Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)    Tes Tertulis
a)    Pilihan ganda
b)    Uraian/esai
2)    Tes Lisan
b.    Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)    Proyek, pengamatan, wawancara
ª  Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
ª  Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
ª  Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2)    Portofolio / unjuk kerja
ª  Laporan tertulis individu/ kelompok
3)    Produk,
2.    Instrumen Penilaian
ª  Terlampir
3.    PembelajaranRemedial dan Pengayaan
a.    Remedial
v  Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v  Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
ª  Melakukan pengulangan konsep suggest and offter
b.    Pengayaan
v  Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v  Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v  Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya
ª  Membuat drama berdasarkan sebuah dongeng using suggest and offer



                                                                                                   ……………, 15 Juli 2019

Mengetahui
Kepala SMA N/S                                                Guru Mata Pelajaran




……………………………………                       ………………………………….
NIP/NRK.                                                           NIP/NRK.


Belum ada Komentar untuk "RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN) MAPEL BAHASA INGGRIS WAJIB KELAS XI TP 2019/2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel