Modul Penyusunan Soal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Inggris & Contoh Soal

sarpen.id/erik
Modul Penyusunan Soal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Inggris & Contoh Soal

Assalamu'alaikum. Wr. Wb.

Salam sejahtera untuk seluruh rekan pendidik nusantara, apa kabar hari ini? Semoga selalu diberikan kesehatan dan kesuksesan dalam menjalankan kegiatan aktivitas hari ini. Tidak lupa untuk selalu semangat dalam memajukan dunia pendidikan di nusantara ini. Kali ini admin akan sedikit membahas tentang pola penyusunan soal HOTS, kuy kita bahas.

Pendidikan sebagai ujung tombak kemajuan suatu bangsa hendaknya memberikan pelayanan yang selaras dengan tuntutan zaman. Seseorang yang hidup di abad ke-21 dituntut berbagai keterampilan relevan yang harus dikuasai agar dapat beradaptasi dan berkontribusi sehingga menjadi pribadi yang sukses. Tuntutan kemampuan abad 21 yang semakin kompetitif menuntut empat kompetensi, yaitu Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation, Communication, dan Collaboration. Pendidikan sebagai pengemban peran reformatif dan transformatif harus mampu mempersiapkan siswa untuk menguasai berbagai keterampilan tersebut.

Kebutuhan terhadap lulusan yang kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif inilah yang menjadi kompetensi lulusan utama pada kurikulum 2013 Pengembangan kurikulum ini didasarkan prinsip pokok, yaitu kompetensi lulusan yang didasarkan atas kebutuhan, isi kurikulum dan mata pelajaran yang diturunkan secara langsung dari kebutuhan kompetensi, mata pelajaran yang kontributif pada pembentukan sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penerapan prinsip-prinsip yang esensial ini diharapkan agar implementasi kurikulum 2013 menghasilkan lulusan yang siap menghadapi abad 21.

Sebagai bagian yang utuh dan selaras dengan komponen kurikulum 2013, penilaian berperan untuk menstimulus capaian pembelajaran yang salah satunya membangun sikap kritis. Untuk membangun kemampuan Critical Thinking and Problem Solving, instrument penilaian diarahkan pada soal berstandar internasional, yaitu Higher Order Thinking Skills (HOTS) atau Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.

Artikel ini menyematkan modul penyusunan soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi mata pelajaran Bahasa dan Sastra Inggris yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam sebuah penilaian yang diharapkan akan berdampak pada peningkatan kemampuan berpikir kritis bagi siswa.

Artikel ini menyematkan strategi penyusunan soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi yang secara garis besar memuat tentang latar belakang, konsep dasar penyusunan soal HOTS, penyusunan soal HOTS mata pelajaran dan contoh soal HOTS, strategi implementasi penyusunan soal HOTS.

Artikel ini diharapkan menjadi referensi agar kegiatan bimbingan teknis penyusunan soal HOTS berjalan dengan lancar sehingga pada akhirnya mampu mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu lulusan yang krisis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif.

Untuk memperbaiki artikel ini, admin mengharapkan saran dan masukan dari Bapak/Ibu Sahabat Pendidik. Dalam artikel ini admin juga sematkan Modul Penyusunan Soal HOTS Bahasa dan Sastra Inggris, silahkan klik DISINI. Terima Kasih semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum. Wr. Wb.

Belum ada Komentar untuk "Modul Penyusunan Soal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Inggris & Contoh Soal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel